Dalam mewadahi minat dan bakat mahasiswa dibidang olahraga dan seni, tahun ini BEM PENS bekerja sama dengan UKM PENS mengadakan PENS Competition yang tahun lalu bernama PENSLeague. Dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri, PENS Competition berlangsung selama bulan Maret – April 2016.

Pergantian nama dari PENS League menjadi PENS Competition ini, karena beberapa pertimbangan, dimana prinsip pertandingan dari tiap cabang yang diperlombakan memiliki sistem yang berbeda. Ada yang menggunakan sistem cup dan ada juga yang menggunakan sistem league. Sehingga berdasarkan musyawarah bersama UKM yang pada dasarnya menjadi eksekutor pelaksana lomba, maka disepakati bahwanama dari kegiatan ini berganti dari PENS League menjadi PENS Competition.

Pada awal bulan Maret (1/3) lalu, telah dilakukan acara pembukaan PENS Competition sebagai pertanda bahwa PENS Competition telah secara resmi dibuka dan akan berlangsung sampai bulan April 2016. Selain pergantian nama kegiatan, terdapat beberapa hal baru di PENS Competition tahun ini. Dimana tidak hanya dari himpunan mahasiswa saja yang mengikuti acara PENS Competition, namun mahasiswa S2 juga turut serta meramaikan kegiatan ini. Terdapat beberapa cabang lomba yang akan dipertandingkan.Bidang lomba tersebut antara lain bola volly, futsal, bola basket, tenis meja,bulutangkis, English Competitiondan musik. Serta setiap lomba tersebut akan dilaksanakan oleh masing masing ukm yang bersangkut sedangkan bem pens disini hanya sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Mengusung tema “Show Your Passion with Your Action” serta wejangan yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Adnan Anom Besari saat pembukaan PENS Competition mengenai  semangat tanding mental juara yang lalu, diharapkan seluruh pesertadapat menunjukkan passion serta dapat menjaga sportifitas dalam bertanding.

Tahun ini juga telah diputuskan tentang piala bergilir yang sebelumnya menjadi kesalahpahaman dibeberapa pihak yang mengikuti PENS Competition. Pada tahun sebelumnya piala bergilir diberikan kepada himpunan yang menjadi juara umum sebanyak 3 kali. Akan tetapi tahun ini telah disepakati oleh seluruh himpunan mahasiswa PENS dan UKM yang terkait bahwa piala bergilir akan terus bergilir dan diberikan kepada himpunan yang menjadi juara umum dalam PENS Competition ditambah lagi trofi juara umum yang menjadi hak milik juara umum. Pada dasarnya kegiatan ini merupakan ajang yang tepat untuk menunjukkan eksistensi dan integralistik seluruh mahasiswa PENS.(bnt/nvl)

Berikut ini daftar pemenang PENS Competition

Juara Umum : Elektro Industri

Futsal : 

1. Elektronika

2. SPE

3. ITCE


Basket Putri : 

1. Telekomunikasi

2. Elektro Industri

3. ITCE


Basket Putra :

1. Elektro Industri

2. ITCE

3. Elektronika


Bulu Tangkis :

1. Elektro Industri

2. Elektronika

3. Telekomunikasi


Tenis Meja

1. ITCE 

2. Elektro Industri

3. Telekomunikasi


Musik :

1. Elektronika

2. ITCE

3. Elektro Industri


English Competition :

1. Elektro Industri

2. Elektronika 

3. MMB


Voli :

1. ITCE

2. Elektro Industri

3. Telekomunikasi


Best Supporter : Elektro Industri

...