BEMPENS-Online. 6 November 2015, BEM PENS yang diwakili oleh Makya Zilli Arsyka dan Elvania Nasida Naim  mengikuti seminar nasional “Menagih Kiprah Perempuan Indonesia” dan lokakarya forum perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dengan tema “Perempuan Cerdas Penopang Bangsa”. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini, bertempat di Universitas Riau dihadiri oleh perwakilan perempuan dari seluruh BEM yang ada di Indonesia.

Pada seminar nasional dengan materi “Menagih Kiprah Perempuan Indonesia” disampaikan oleh tiga tokoh perempuan Indonesia yang sangat hebat. Yang pertama dari  anggota Komixi X DPR RI 2014-2019 yaitu Hj. Dr. Popong Otje Djundjungan, kedua adalah Hj. Azlaini Agus, S.H, M.H  anggota DPR RI 2004-2009 atau Wakil Ketua Obdusman RI 2011-2013 yang sekarang menjadi dosen hukum di Univ. Abdurrab Pekanbaru dan pemateri yang terakhir  adalah Hj. Dr. Susiana Tabrani, M.Pd selaku Rektor Univ. Abdurrab.

Dari materi-materi yang disampaikan oleh tokoh-tokoh tersebut disuarakan tentang bagaimana perempuan seharusnya tak hanya menjadi ibu rumah tangga saja, tetapisebaiknya turut andil dalam pembangunan negera karena perempuan adalah rahim suatu bangsa, apabila perempuan di negera rusak maka rusak pula negera tersebut.

Selain itu perwakilan BEM PENS didalam acara ini juga melakukan konsolidasi nasional yang membahas semua isu-isu terkait perempuan yang ada di daerah masing-masing dari sinilah nantinya akan ditentukan satu isu yang akan dibawa ke pemerintah agar ditindaklanjuti lebih tegas dan akan menjadi isu nasional.

Dalam acara ini juga terdapat pesan moral agar perwakilan dari masing-masing BEM Perguruan Tinggi nantinya diharap mampu menjadi perempuan yang sesungguhnya, serta menyalurkan ilmu yang didapat di acara ini kepada perempuan yang ada didaerahnya masing-masing. (bin/nvl)


...