Untuk menjaga kesehatan para civitas PENS, terutama para mahasiswa, Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa BEM PENS mengadakan Pekan PENS Sehat yang dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut yakni pada hari Senin hingga Kamis 21-24 Maret 2016. Kegiatan yang dilaksanakan di Hall D4 dan seminar di teater tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang merasakan manfaat dari adanya PENS Sehat tersebut.

Pelaksanaan Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI Surabaya pada hari Senin dan Selasa lalu berjalan lancar, namun banyak mahasiswa yang tidak dapat mendonorkan darahnya dikarenakan kadar Hemoglobin  kurang serta rendahnya tekanan darah mereka. Hal ini disebabkan banyak mahasiswa yang kurang istirahat dan tidak fit. Ketika ditanya kepada mahasiswa bersangkutan, mereka mengakui begadang pada malam sebelumnya dengan alasan mengerjakan tugas. Selain karena kelelahan, ada juga yang tidak dapat mendonorkan darahnya karena sedang sakit flu, dan sebelumnya sedang mengkonsumsi obat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah yang melakukan registrasi pada hari pertama sebanyak 89 Orang namun yang lolos dan dapat mendonorkan darahnya hanya 40 orang. Sedangkan pada hari kedua yang mendaftarkan diri sebanyak 109 orang, dan yang dapat mendonorkan darahnya hanya 50 orang.

Memang untuk mendonorkan darah, syarat yang harus dipenuhi sangatlah ketat, karena darah yang kita sumbangkan akan sangat berguna bagi orang-orang yang membutuhkan darah kita. Sehingga pada saat kita mendonorkan darah, diharapkan dalam keadaan sehat dan fit, agar tidak membahayakan bagi diri kita maupun orang yang akan menerima darah kita nantinya.

Acara PENS Sehat, dilanjutkan pada seminar kesehatan yang di laksanakan pada Hari Rabu, 23 Maret 2016 di Teater PENS. Seminar kesehatan ini ditujukan untuk mahasiswa Tingkat Akhir. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan para Mahasiswa Tingkat akhir untuk menjalani Tes Kesehatan di bursa dunia kerja nantinya. Seminar yang bekerja sama dengan Universitas Airlangga jurusan Kedokteran ini, diikuti lebih dari 95 Mahasiswa. Mereka sangat antusias mengikuti acara tersebut. Saat ditanya, mengenai acara tersebut mereka menjawab "Senang sekali PENS mengadakan acara begini, banyak ilmu baru yang didapat tentang kesehatan, selain itu kami para Mahasiswa Akhir juga mendapat tips agar tetap sehat saat mengerjakan TA" ujar salah satu mahasiswa tingkat akhir.

Agenda acara Pekan PENS Sehat diakhiri dengan medical Check-Up yang dilaksanakan pada hari Kamis 24 Maret 2016. Medical Check-Up yang bekerja sama dengan TBM KPLA FK UNAIR ini terdiri dari cek gula darah, tensi darah, asam urat, serta kolesterol. Selain itu ada juga konsultasi mengenai kesehatan. Sebelum acara dimulai, sudah banyak civitas PENS yang memadati Hall D4 dimana medical Check-up dilaksanakan. Hal ini dikarenakan  medical Check-up ini hanya dibatasi dengan kuota 115 orang. Banyak yang berharap kuota untuk medical check up ini ditambah, karena banyak yang tidak dapat mengikuti medical check up tersebut karena sudah kuota sudah penuh.

Harapan Faizatul Himmah sebagai ketua pelaksana PENS Sehat, "Kedepannya agar para mahasiswa PENS ini lebih memperhatikan kesehatannya, meskipun banyak kesibukan yang menyita waktu tapi percayalah kesehatan itu penting. Boleh berprestasi tapi kesehatan juga penting. Sehat untuk lebih berprestasi tentunya."
Mahasiswa Politeknik harus tetap sehat kan ;)
#PoliteknikJOSS


...